Home » , » Rumus Rubik 3x3

Rumus Rubik 3x3

Rumus Rubik 3x3 - Ini adalah dasar,  jadi harap di pahami dan di hafalkan algoritmanya jika sobat ingin menyelesaikan rubiks pada tingkat tingkat yang lebih tinggi.

Baik langsung saja… perhatikan gambar di bawah ini

rumus

Oke.. jika sudah paham dengan cara cara muter rubiksnya langsung kita mulai tahap pertama.



Tahap Pertama (Membentuk Cross)

Sobat harus memilih warna yang akan sobat jadikan sebagai warna dasar
pada bagian bawah (D) . Disini saya gunakan warna merah sebagai
contohnya. Cari pices/biji center yang berwarna merah,lalu jadikan
sebagai bagian bawah pada rubiks sobat.  lihat gambar di bawah ini.

3x3.2



Catatan: Yang harus di ingat adalah jika
sobat sudah memilih warna merah sebagai warna dasar pada bagian bawah
rubiks 3×3, sobat tidak boleh mengganti ganti lagi. Tetap letakan warna
merah sebagai dasar pada bagian bawah.




Jika sudah, lalu pada bagian atasnya (U) letakan edge berwarna merah pada posisi seperti pada gambar di bawah ini

3x3.1

Pada langkah pertama ini intinya kita hanya ingin membuat cross,
tetapi dengan center yang berwarna merahnya kita letakan di bagian bawah
dan edge nya kita susun/letakan di bagian atas.

Selanjutnya kita harus menyamakan warna kaki dari masing masing  edge
merah yang telah kita susun/leatakan pada bagian atas (U). perhatikan
gambar di bawah ini.



Untitled



 Setelah di samakan warna kakin edge nya dengan center yang
tepat berada di bawahnya, lalu jalankan algoritma ‘F2’, Jadi maksudnya
edge yang telah kita samakan kakinya tersebut kita letakan di bawah agar
berdampingan dengan biji center merah yang telah kita letakan di bawah
sejak awal. perhatikan gambar di bawah ini.

Untitled.2

Jika bagian sisi bawah sudah membentuk cross plus kaki kakinya pun
sudah sama semua, sekarang saatnya ke tahap ke dua yaitu mengisi mengisi
ke 4 biji corner, lihat saja gambar di atas..! corner nya masih belum
sama bukan warnanya..?? nah… itulah tugas kita selanjutnya…

Tahap Ke Dua (Mengisi corner dengan benar)

Pertama cari biji corner yang mengandung warna merah, yang harus di
perhatikan adalah warna merah nya itu harus selalu menghadap kesamping
dan selalu harus berada pada bagian (U). Jika warna merah nya masih
menghadap ke atas sobat ha rus membuatnya menghadap kesamping terlebih
dahulu, dan jika warna merah nya itu berada pada bagian (D) sobat harus
memindahkanya ke atas/bagian (U). Untuk lebih jelasnya lihat gambar di
bawah ini.

 DSC00273

Perhatikan biji corner yang di tunjuk anak panah. Biji corner
tersebut mengandung warna merah,biru dan hitam, jangan perdulikan warna
yang menghadap ke atas yaitu ‘HITAM’ perhatikan saja warna yang
menghadap ke samping yaitu merah dan biru. Samakan warna yang
bersebelahan langsung dengan warna merah yaitu warna biru dengan center
pada layer ke 2 (Midle)



DSC00271

DSC00274

Gunakan cara diatas untuk menyelesaikan layer bawah (layer pertama)
Jika warna merahnya yang menhadap samping  ada sisi Left (L) gunakan
algoritma L’ U’ L.

Tahap ke tiga (menjadikan layer midle /ke 2)

Perhatikan warna center pada bagian atas, disini karena saya 
menempatkan warna merah sebagai sisi bawah otomatis center atas pasti
berwarna orange. yang harus di perhatikan sobat harus mencari edge yang
tidak mengandung warna orange. Setelah itu samakan warna kakinya seperti
biasa dengan center yang ada tepat di bawahnya.

 DSC00276

Perhatikan gambar di atas, setelah kaki edgenya yang berwarna biru
kita sudah samakan, lalu lihat warna atasnya yaitu warna hitam. Nah..
perhatikan base warna hitam itu ada di sisi mana?? jika ada di sisi
kanan maka gunakan algoritma kanan yaitu U R U’ R’ U’ F’ U F

Dan jika base hitam ada di sisi kiri maka gunakan algoritma kiri
yaiitu U’ L’ U L U F U’ F’.  Kebetulan pada contoh diatas base warna
hitamnya ada di sisi kanan, jadi harus gunakan rumus kanan.

DSC00277

Oke… setelah satu edge telah tereksekusi, sekarang cari edge
selanjutnya pada bagian atas yang tidak mengandung warna orange. Pada
gambar di atas yang di tunjuk oleh tanda panah hitam adalah edge
selanjutnya yang bisa di eksekusi karena tidak  mengandung warna orange.
Caranya sama saja… samakan dulu warna kaki edgenya yang berwarna hijau
dengan biji center yang terletak tepat di bawahnya, tinggal di puter
puter saja bagian U nya tersebut. Setelah sama lihat warna atasnya yaitu
kuning, lihat base kuning adanya di sisi mana… Lakukan cara ini sampai
layer kedua (midle) selesai.

Tahap ke empat

Sekarang saatnya ke tahap 4 atau final. Sekarang jika sobat sudah
menyelesaikan layer ke 2, perhatikan kondisi apa yang di dapat pada
bagian atas atau layer ke tiga.  Untuk menyelesaikan layer ke tiga hal
pertama yang perlu di lakukan adalah menyamakan warna sisi atas menjadi
sama seluruhnya, dalam contoh adalah warna orange. Untuk menyamakan
warna atas kita harus mencari bentuk cross terlebih dahulu

Jika sobat mendapatkan kondisi sisi atas seperti gambar di bawah ini langsung gunakan algoritma F R U R’ U’ F’

DSC00010

Jika mendapatkan kondisi atas seperti gambar di bawah ini, tetap menggunakan algoritma F R U R’ U’ F’

DSC00011



Di atas adalah kondisi berbentuk huruf L kecil, yang harus sobat
lakukan adalah menghadapkan ujung huruf L ke arah kanan, sehingga
membentuk huruf L kecil terbalik. Perhatikan gambar yang di beri garis
warna biru, kemudian gunakan algoritma F R U R’ U’ F’

Setelah itu pasti sobat menemukan bentuk garis lurus, yang harus
sobat lakukan adalah posisikan garis tersebut  pada posisi horizontal.
Lihat gambar di bawah ini

DSC00012

Seperti biasa abaikan yang di lingkari hitam, dan jadikan sisi yang
di tunjuk tanda panah kuning sebagai Front (F) agar garis lurus tersebut
tampak terletak horizantal. Dan tetap gunakan algoritma  F R U R’ U’ F’

jika mendapatkan bentuk seperti di bawah ini artinya sobat sudah mendapatkan bentuk cross

3x3.1

Bentuk di atas disebut bentuk tank, hadapkan moncong tank tersebut ke
arah kiri lalu gunakan algoritma R U R’ U R U2 R’. Setelah itu sobat
akan mendapatkan bentuk seperti di bawah ini

3x3.2

Setelah mendapatkan kondisi di atas, jadikan sisi yang tidak terdapat
corner orange sama di bagian atas sebagai front (F) lalu gunakan
algoritma R U R’ U R U2 R’  Sampai sobat mendapatkan bentuk ikan



DSC00013

Bentuk ikan sudah di dapatkan lalu hadapkan pala ikan ke kiri bawah,
corner atas kanan harus terdapat warna orange, pada gambar di atas belum
terdapat. Jangan bingung gunakan saja algoritma R U R’ U R U2 R’

DSC00014

Setelah warna atas sama semua langkah berikutnya adalah menjadikan
samping pada bagian atas, langkahnya adalah cari corner atas yang
memiliki warna yang sama, tetunya warna yang menghadap ke samping, lalu
letakan corner yang sama itu di sisi kiri, atau jika sedang beruntung
sobat akan mendapatkan sisi yang sudah jadi, lalu letakan sisi yang
sudah jadi di sebelah kiri. Kemudian gunakan algoritma   R U2 R’ U’ R U2
L’ U R’ U’ L. Lihat gambar

DSC00015

Jika belum ada corner yang sama gunakan saja algoritma R U2 R’ U’ R U2 L’ U R’ U’ L



Perhatikan gambar di bawah ini

DSC00016

DSC00017

DSC00018

Pices tetukar tempat, perhatikan arah pertukaranya, lalu gunakan
algoritma F2 (U/U’) L R’ F2 L’ R (U/U’). Jika arah pertukaranya searah
jarum jam maka gunakan (U) jika berlawanan arah jarum jam gunakan (U’).

Nah…. gimana uda jadi belum..??? semoga cara di atas bisa membantu sobat . Jika ada salah mohon di koreksi.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : MHulaimi | Gudang Play | Berbagi Informasi
Copyright © 2011. KABARE DUNIA - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger